Blog

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya
w itu....emmm senang berteman dengan siapa saja..jadi follow blog w ya

Small text message

halloooooooooooooooooo

TIGA TINGKATAN STRATEGI PERUSAHAAN

Rabu, 07 April 2010 - - 0 Comments

Dengan adanya kerumitan pada manajemen strategik internasional, peusahaan perlu menyusun strategi untuk tiga level yang berbeda dalam organisasi. Level strategi internasional ini, seperti yang digambarkan diatas adalah:

  1. Korporat

  2. Bisnis, dan

  3. Fungsional.


  1. Strategi korporat

Strategi korporat (corporate strategy) berusaha menjelaskan wilayah bisnis yang ingin dimasuki perusahaan. Setiap perusahaan telah menjawab pertanyyan tentang wilayah bisnisnya dengan cara yang berbeda. Perbedaan jawaban itu mencerminkan kekuatan dan kelemahan perusahaan yang berbeda dan juga penilaian yang berbeda atas kesempatan dan ancaman yang disebabkan oleh lingkungan ekonomi dan politik global. Perusahaan dapat menggunakan salah satu bentuk strategi korporat: strategi bisnis tubggal:

  1. Single- business strategy,

  2. Strategi diversifikasi berhubungan (related diverification strategy), dan

  3. Strategi diversifikasi yang tidak berhubungan (unrelated diversification strategy).


  1. Strategi bisnis tunggal (single businnes strategy)

Keuntungan paling signifikan strategi ini adalah perusahaan dapat mengkonsentrasikan seluruh sumber daya dan keahliannya pada produk atau jasa. Akan tetapi, strategi ini meningkatkan kerentanan perusahaan terhadap persaingan dan perubahan lingkungan eksternal.


  1. Diversifikasi yang berhubungan (related diversification)

Strategi ini membuat perusahaan mampu meningkatkan kompetensi disatu pasar agar dapat memperkuat daya saingnya dipasar lain.

Diversifikasi yang berhubungan memiliki beberapa keuntungan. Pertama, perusahaan tidak terlau tergantung pada satu produk atau jasa, sehingga perusahaan tidak terlalu rentan terhadap ancaman persaingan atau ekonomi.


  1. Diversifikasi yang tidak berhubungan

Yaitu perusahaan beroperasi dibeberapa industri dan pasar yang saling berhubungan.



  1. Strategi Bisnis

Mengingat strategi korporat berkaitan dengan organisasi secara keseluruhan, maka strategi bisnis berfokus pada bisnis khusus, anak perusahaan atau unit operasi khusus dalam perusahaan. Perusahaan yang menjalankan strategi korporat, baik diversifikasi yang berhubungan maupun tidak, cenderung untuk menggabungkan berbagai bisnis manjadi unit bisnis strategik (strategic businnes units, SBU). Tiga bentuk dasar strategi bisnis adalah:

  1. Diferensial (differentiation),

  2. Overall cost leadership, dan

  3. Fokus (focus).


  1. Strategi diferensiasi (differentiation strategy)

Strategi ini berusaha membangun dan mempertahankan citra (baik nyata maupun hanya anggapan) bahwa barang atau jasa SBU pada dasarnya unik dibandingkan dengan barang atau jasa lain disegmen pasar yang sama.


  1. Kepemimpinan biaya penuh.

Dalam strategy kepemimpinan biaya penuh (overall cost leadership), perusahaan berfokus pada pencapaian prosedur operasi yang sangat efisien sehingga biayanya lebih rendah dibandingkan dengan biaya para pesaingya.


  1. Fokus

Dalam strategi fokus perusahaan membuat target atas tipe produk tertentu untuk kelompok pelanggan atau wilayah tertentu. Kelompok pelanggan ini dapat di bagi berdasarkan wilayah geografis, etnis, daya beli, selera, atau faktor lain yang mempengaruhi pola pembelian.



  1. Srategi fungsional

Strategi keuangan internasional membahas isu- isu seperti struktur modal yang diinginkan perusahaan, kebijakan investasi, kebijakan utang, dan manajemen modal kerja. Strategi operasioal internasional membahas penciptaan produk atau jasa perusahaan. Strategi sumber daya manusia internasional berfokus pada orang-orang yang bekerja dalam suatu organisasi. Strategi R&D internasional menekankan pada besar dan arah investasi perusahan dalam menciptakan produk baru dan mengembangkan teknologi baru. Langkah berikutnya dalam merumuskan strategi internsioanal adalah menentukan pasar luar negeri yang akan dimasuki dan pasar yang harus dihindari. Kemudian manajer perusahaan memutuskan cara masuk pasar tersebut.


This entry was posted on 01.30 You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: